8 Tanda Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui

8 Tanda Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui - Jantung memiliki fungsi krusial dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga apabila terjadi kelemahan, kebocoran, gangguan katup jantung maupun pembengkakan maka di pastikan bisa memperlemah dan memperburuk kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Pola makan yang tidak seimbang seperti makanan instan serta gaya hidup yang buruk seperti merokok dan alkohol juga menjadi pemicu memburuknya kondisi jantung seseorang. Tekanan psikologis, malas berolah raga juga turut andil memperburuk fungsi jantung Anda. Perempuan juga sangat rentan dengan penyakit ini khususnya pecandu rokok, karena hormon pelindung jantung yaitu estrogen akan rusak terkena paparan zat nikotin dalam rokok.

 

Khususnya pada laki laki pertanda penyakit jantung dapat di lihat dari kemampuan seksualnya yang menurun dan rambut rontok penyebab kebotakan. Itulah kilasan sedikit tentang begitu pentingnya fungsi jantung, dan sebagai antisipasi lebih dini sebelum Anda suatu saat mengalami penyakit jantung, kenali secepat mungkin tandanya. Namun, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tanda-tanda penyakit jantung yang wajib Anda ketahui: 

 

Perut sering terasa mual. Salah satu pertanda seseorang mengalami penyakit jantung adalah rasa mual di perut, hal ini di sebabkan adanya pembengkakan di dalam perut. Akibatnya pasien akan mengalami penurunan nafsu makan karena rasa mual yang di rasakan.

 

Mudah Keluar keringat. Keringat yang keluar adalah bukan karena aktivitas berlebih seperti olah raga, tapi pasien akan keluar keringat tanpa melakukan apa-apa seperti di telapak tangan, jadi waspadalah bila anda mengalaminya.

 

Rasa sakit dada atau nyeri. Pertanda ini lebih sering di alami oleh perempuan yang penyebabnya adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri sehingga peredaran darah jadi terganggu. Implikasi dari tanda ini adalah dapat menurunkan daya tahan tubuh/lemah serta rasa kebas pada beberapa bagian tubuh.

 

Mudah capek saat beraktivitas. Penderita penyakit jantung akan merasakan penurunan tenaga yang cukup drastis, hal ini di tandai dengan perasaan cepat lelah ketika sedang beraktivitas walaupun aktivitas yang dilakukan tergolong ringan.

 

Sering merasakan sakit di bagian kepala. Penderita akan merasa pusing dan pening bila terkena pancaran cahaya, hal ini akan berimplikasi pada detak jantung berdebar dengan detak yang tidak normal, bisa tinggi bisa juga melambat.

 

Mengalami Sesak Napas. Hampir 58 persen wanita mengalami ketidakmampuan mengatur pernapasan mereka saat menderita penyakit jantung awal. Ini dapat disebabkan karena rasa lelah yang berlebihan mengeluarkan emosi, berjalan kaki menaiki tangga, atau usai beraktivitas berat.

 

Mengalami Insomnia. Inilah yang menyebabkan meningkatnya penyakit jantung koroner. Kondisi sulit tidur atau insomnia ini banyak dialami orang karena semakin tingginya tingkat stres. Tak hanya itu, kualitas tidur yang lama juga tak cukup membantu Anda untuk tidur nyenyak. Tidur menjadi tidak berkualitas.

 

Mengalami kecemasan berlebih. Tubuh penderita jantung koroner akan memberikan sinyal bahwa Anda sedang dalam kondisi cemas. Hal ini bisa saja terjadi karena faktor psikologis seseorang, seperti stres contohnya. Kondisi ini memicu kematian mendadak pada penderita jantung.

 

Demikianlah artikel tentang 8 Tanda Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui. Pastikan Anda melakukan pengobatan secepatnya sebelum terlambat. Banyak kasus serangan jantung yang menyebabkan kematian mendadak. Semoga kita terhindar dari kejadian seperti itu.