Benarkah Orang Dengan Tekanan Darah Tinggi Lebih Beresiko Mengalami Jantung Koroner? Ini Jawabannya

 

Tekanan Darah Tinggi Dan Jantung Koroner – Jika Anda tahu bahwa sebenarnya tekanan darah tinggi / hipertensi merupakan kondisi yang sangat berpeluan untuk kerusakan organ tertentu dalam tubuh.

 

Tekanan darah tinggi sama halnya seperti diabetes, dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh sebelum menimbulkan gejala. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ, terutama pada jantung dan pembuluh darah.

 

Dari keterangan tersebut maka bisa kita ketahui bahwa orang dengan tekanan darah tinggi lebih beresiko mengalami serangan jantung coroner. Apabila Anda sering mengalami tekanan darah tinggi maka Anda patut waspada.

 

 

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa dipicu oleh tekanan darah tinggi:

 

Aneurisma. Aneurisma terjadi akibat peningkatan tekanan di dalam dinding pembuluh darah dalam waktu lama yang pada akhirnya menyebabkan pelebaran dinding pembuluh darah yang memang sudah melemah.

 

Kerusakan Pada Jantung. Selain pembuluh darah, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Jantung merupakan organ penting yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah yang tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada jantung anda.

 

Penyakit Jantung Koroner. Arteri koroner merupakan pembuluh darah yang mensuplai darah ke otot jantung. Penyempitan dinding pembuluh darah dapat menyebabkan terganggunya aliran darah ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan berbagai jantung seperti nyeri dada, serangan jantung, dan aritmia (gangguan irama jantung)

 

Pembesaran Jantung Kiri. Tekanan darah tinggi menyebabkan jantung anda harus bekerja lebih keras untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Bila berlangsung dalam waktu lama, maka hal ini dapat menyebabkan pembesaran ventrikel (serambi) kiri. Pembesaran ventrikel kiri ini membuat jantung semakin sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Bila tekanan darah terus tidak terkontrol maka dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung, gagal jantung, dan bahkan henti jantung.

 

Gagal Jantung. Tekanan darah tinggi membuat jantung harus bekerja lebih keras. Bila hal ini terus berlangsung untuk waktu yang lama, maka otot jantung akan melemah dan dapat terjadi penurunan fungsi jantung. Jadi, pada dasarnya jantung anda telah kelelahan bekerja dan mulai gagal berfungsi. Serangan jantung dapat memperberat keadaan ini.

 

Nah, bagaimana jika tekanan darah Anda sering naik? Anda bisa belajar mengontrol emosi, mengatur pola makan dan juga sangat baik jika Anda memanfaatkan ramuan herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi.